Friday, 04 December, 2020

Tips Membangun Suasana Menulis


www.suratresmi.net

Pernahkah Anda mengalami momen ketika ingin menulis sesuatu namun buntu. Sudah berjam-jam di depan komputer maupun laptop tapi ide tak juga kunjung muncul. Ini bisa jadi dikarenakan oleh suasana yang ada di sekitarmu tidak mendukung otakmu untuk bekerja. apalagi, jika apa yang kau tulis ialah hal yang penting. Seperti surat kantor, surat sekolah, surat cinta dan banyak contoh surat lain. Ini tentu menjadi hal yang menjengkelkan. Oleh karena itu, Kami telah merangkum cara maupun tips membangun suasana untuk menulis hanya untuk anda. Mari kita simak!

  1. Ciptakan keadaan yang menyenangkan

Anda bisa pergi ke kamar/ruang kerja dimana anda tidak perlu takut akan diganggu oleh orang lain ketika menulis draf atau contoh surat sebagai awalan dan surat final sebagai surat yang akan dikirim. Dengan kesendirian, otak kita akan lebih fokus dalam menggali ide yang sebenarnya sudah ada di otak dan hanya perlu pantikan untuk keluar. Hilangkanlah hal yang membuat fokus hilang seperti telepon gengam, radio, televisi, atau bahkan suruhlah orang lain untuk jangan mengganggu Anda terlebih dahulu dalam beberapa jam kedepan. Namun, jika dengan mendengarkan lagu atau radio bisa membuat hati anda gembira, maka mainkanlah!

  1. Bayangkan perasaan Anda

Cobalah untuk mengingat momen yang membuat Anda merasa sangat Bahagia. Entah itu saat dengan kekasih, ayah, ibu, saudara, bahkan teman. Dengan mengingat momen yang sangat berkesan, perasaan Anda pasti akan ikut bahagia sehingga apa apa yang ditulis nyaman untuk dibaca dan tidak terlalu kaku.

  1. Pikirkan kekasih Anda

Ini tentu hal yang sangat mujarab. Kekasih Anda ialah orang yang Anda sayangi dan rela melakukan hal apapun untuk membuat Ia Bahagia. Karena dengan Ia bahagia, Anda juga bahagia. Ada sesuatu dalam pasanganmu yang sangat menarik sehingga Anda mau bersama dengannya. Hal tersebutlah yang harus Anda ingat. Saat berjalan-jalan mencari es krim, makan mie rebus ketika hujan, dan banyak hal lain. Pikiran tersebut yang akan membuat Anda tersenyum sehingga  suasana hati Anda menjadi riang gembira.

Ketiga tips tersebut bisa dilakukan untuk proses kepenulisan apapun, bahkan draf atau contoh surat. Ini dikarenakan seluruh penulis membutuhkan suasana yang mendukung proses berpikir otak. Bagaimana, siap untuk melakukan tips di atas? Tidak perlu tergesa-gesa dalam membangun suasana karena percuma. Suasana dan perasaan tidak bisa dipaksakan.

0 comments on “Tips Membangun Suasana Menulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *