Sunday, 25 October, 2020

Tambahkan 4 Poin Berikut Agar Surat Lamaran Kerja Anda Menarik HRD


Membuat kalimat di dalam surat lamaran kerja yang menarik pastinya menjadikan pembacanya merasa senang, sehingga surat lamaran Anda menjadi pertimbangan bagi pihak HRD atau rekrutmen. Supaya terlihat ciamik maka pembuatan surat lamaran kerja harus dibuat sesuai dengan urutannya. Selain itu pembuatan surat lamaran kerja harus dibuat dengan teliti, jujur dan memperhatikan tata bahasanya.

www.masukuniversitas.com

Pastikan bahwa bahasanya sesuai dengan ejaan EYD agar surat lamaran kerja yang Anda buat dapat menarik, diantaranya sebagai berikut ini:

  1. Menentukan Tujuan Surat

Hal utama yang perlu diperhatikan yaitu dari segi penentuan tujuan dari surat yang Anda buat. Misalnya saja dalam menulis nama perusahaan harus benar ejaannya beserta alamat yang hendak dituju. Apabila terjadi kesalahan dalam penulisan tentunya sangat berpengaruh terhadap proses maupun pertimbangan HRD.

  1. Gunakan Kata yang Mudah dipahami

Anda harus menggunakan kata-kata yang tepat ketika membuat surat lamaran kerja. Silahkan cek contoh surat lamaran kerja yang menggunakan kalimat sesuai EYD. Jangan gunakan kalimat yang bertele-tele atau membuat singkatan. Penyampaian kalimat harus mudah dipahami, jelas, singkat, padat, dan sopan.

Anda harus mencantumkan tempat maupun tanggal dalam penulisan surat. Silahkan menuliskan nama orang maupun gelar atau jabatan dari perusahaan yang hendak dituju. Setelah itu gunakan salam hormat. Jangan lupakan kalimat pembuka dan informasikan dari mana Anda mendapat informasi lowongan tersebut.

  1. Tuliskan Posisi yang Anda Lamar

Langkah selanjutnya yang harus Anda cantumkan di dalam surat yaitu perihal posisi yang hendak Anda lamar. Hal ini akan memudahkan pihak HRD untuk mempertimbangkan apakah riwayat pendidikan Anda maupun pengalaman sesuai dengan posisi yang Anda lamar.

  1. Lampirkan CV

Surat lamaran kerja dengan CV memang dua hal yang berbeda meskipun terkadang banyak orang yang salah dalam mengartikannya dan beranggapan bahwa surat lamaran kerja dan CV itu sama. Padahal di antara keduanya mempunyai perbedaan yang cukup signifikan dan fungsinya pun juga berbeda.

Supaya pihak HRD dapat mempertimbangkan Anda dan yakin bahwa Anda adalah calon kandidat yang sesuai di perusahaan tersebut, maka Anda bisa menambahkan CV yang berisi mengenai data pribadi. Termasuk pengalaman bekerja, riwayat pendidikan, maupun yang lainnya. Supaya Anda tidak bingung, silahkan melihat contoh surat lamaran pekerjaan dan contoh CV.

Dalam proses pembuatan surat lamaran kerja memang dapat dikatakan susah-susah gampang karena ada beberapa aturan yang wajib diperhatikan dan diikuti dengan baik supaya pihak HRD bisa mempertimbangkan lamaran yang Anda tuliskan. Meskipun ada banyak sekali contoh surat lamaran pekerjaan yang bisa Anda temukan di internet namun masih banyak orang yang salah dalam menuliskan surat lamaran kerja, karena tidak memperhatikan beberapa poin pentingnya.

0 comments on “Tambahkan 4 Poin Berikut Agar Surat Lamaran Kerja Anda Menarik HRD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *