Tuesday, 20 April, 2021

Provinsi Banten Mendapatkan Penghargaan Sebagai Pemprov Informatif 2020


Berita Banten terbaru kali ini Komisi informasi pemerintah provinsi Banten telah memberikan Anugerah Badan Publik 2020. Penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan sejak bulan Juli sampai Desember 2020.

Berita Banten

Badan Publik yang menjadi sasaran penilain monec adalah BUMD, Perangkat Daerah Pemprov Banten, pemerintah kota/kabupaten, hingga lembaga non struktural di Banten. Monev menilai ada 98 badan publik yang terdiri dari 41 organisasi perangkat daerah, 8 pemerintah daerah, 22 badan usaha miliki daerah, dan 27 lembaga non struktural.

Komisi Informasi melakukan monitoring terhadap 12 pemerintah desa di 4 kabupaten, 12 partai politik provinsi. Terdapat 122 badan publik yang harus dipantau. Pemerintah Banten akhirnya meraih peringkat informatif dari hasil monev 2020.

Semua Badan Publik Provinsi Banten diharapkan mau melaksanakan semua prinsip keterbukaan dalam urusan informasi.  Pihak pemprov Banten juga sudah memberikan dukungan untuk kantor baru KI Banten.

Hendra J Kede sebagai wakil ketua Komisi Informasi merasa bahagia atas pencapaian provinsi Banten informatif. Hilman sebagai ketua KI Provinsi Banten juga memberikan selamat atas apa yang sudah dicapai Provinsi Banten.

Orientasi keterbukaan informasi ini merupakan kemudahan untuk mengakses infromasi bukan permohonan informasi. Wahidin Halim, Gubernur Banten juga mengatakan kalau tidak ada informasi yang harus ditutupi. Hal ini berhubungan dengan pengadaan barang dan jasa. Selain itu soal perizinan harus jelas dan terbuka.

Masyarakat pun merasakan berbagai kemudahan, tinggal pencet saja permohonan izin bisa diproses tanpa harus menemui petugas. Sehingga dengan demikian akan menciptakan pelayanan yang cepat dan efisien.

Tidak ada keuntungan menyembunyikan informasi mulai pengadaan barang dan jasa. Semua sebagai pemenang lelang haruslah berdasarkan hasil, kualitas, dan manfaat barang tersebut. Undang-undang sudah memberi jaminan akan hak asasi manusia sehingga keterbukaan informasi itu sangat penting.

Berdasarkan berita Banten, sesuai dengan keputusan ketua Komisi Informasi Provinsi Banten menyebutkan kalau semua kategori Badan Publik ini memiliki kualifikasi cukup informatif baik. Kategori organisasi perangkat daerah di Pemprov Banten mulai Dinas komunikasi Informatika kualifikasi informatif, Badan Perencanaan Pembangunan daerah Kualifikasi informatif, Dinas Lingkungan hidup kualifikasi informatif. Seluruh perangkat di lingkungan Pemprov Banten dengan kualifikasi informatif.

Demikianlah berita Banten terbaru terkait provinsi Banten yang berhasil mendapatkan anugerah sebagai Pemprov Informatif 2020.  Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah pengetahuan anda akan provinsi Banten.

0 comments on “Provinsi Banten Mendapatkan Penghargaan Sebagai Pemprov Informatif 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *